Banner
Login Form
Link

 

Berita Lingkungan
Polls
Penyebab Terbesar Rusaknya Lingkungan
 
Wrapper
Selamat Datang Di Website Resmi Dinas lingkungan Hidup Kabupaten Sintang..... "SELAMATKAN IBU PERTIWI"

 

Last Updated (Thursday, 15 February 2018 08:06)

Read more...

 

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang

Last Updated (Wednesday, 07 February 2018 03:54)

 

 

Sintang, Berkat

Hermayani Putera Manajer Program Kalimantan Barat, WWF-Indonesia mengatakan, berdasarkan kajian WWF-Indonesia di kawasan penyangga Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) di Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawai, karbon yang hilang dari tahun 1990 – 2008 sebesar 4.534.112 tC yang diakibatkan oleh laju deforestasi dan deggradasi.

Prediksi ke depannya, jelas Hermayani, dengan pengelolaan sumber daya hutan seperti sekarang, pada tahun 2020 wilayah tersebut akan kehilangan karbon sebesar 2.915.668 tC, dan pada tahun 2030 sebesar 5.718.135 tC.

Untuk menghilangi kehilangan karbon tersebut, kata Hermayani, diperlukan komitmen dan intervensi yang implementatif dan konkret kepada masyarakat, pemerintah daerah maupun Balai taman Nasional. Dalam perkembangannya, pemahaman mengenai Reducing Emission from Deforestation dan Forest Degradation (REDD) dan bagaimana proses, serta tahapan dalam mekanismenya masih sangat minim di kalangan banyak pemangku kepentingan.

Untuk itu, dalam upaya member pemahaman dan informasi yang lebih komprehensif mengenai REDD kepadaparaa pihak, WWF-Indonesia bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang menyelenggarakan Workshop dan Pelatihan REDD kepada pemangku kepentingan di wilayah jantung Kalimantan ( Heart of Borneo ) di Kalimantan Barat, mencakup Kapuas Hulu, Melawi, dan Sintang.

“Dari pelatihan ini, pemerintah daerah dapat memahami perkembangan terbaru isu-isu REDD di internasional dan nasional,”ujar Hermayani. Serta, lanjut dia, bagaimana ini bias dikaitkan dengan konteks dan kepentingan daeraah masing-masing.

“Selain itu, melalui acara ini pesrta juga bias memahami dasa-dasar proses perhitungan karbon di masing-masing wilayah,”tambah rRudi Zapariza Project Leader Sintang-Melawi, Program Kalimantan Barat WWF-Indonesia. Dataa dari Winrock Internasional mencatat, kehilangan hutan Indonesia dari tahun 2000-2005 sebesarr 701.000 hektar/tahun. Sedangkan kehilangan karbon dari deforestasi sebesar 324 Mt Co2/tahun dan 60 Mt Co2/tahun.

Berdasarkan data dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, estimasi laju deforestasi per tahun rata-rata sebesar 194,76 Km², dengan rata-rata hilang karbon akibat deforestasi tahunan sebesar 2.746.060 ton karbon. Menurut Ir. M.Murjani, MT kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang, data degradasi dan deforestasi yang menyebabkan kehilangan karbon ini merupakan ancaman yang cukup besar, bagi kawasan berhutan yang bernilai konservasi tinggi yang brdampak langsung bagi masyarakat di sekitar kawasan hutan.

Murjani menjelaskan, salah satu upaya mitigasi yang cukup dikenal saat ini adalah Reducing Emission from Deforestation and Forest Degradation (REDD), merupakan salah satu upaya pencegahan deforestasi dan kerusakan hutan. Mengacu pada Bali Action Plan hasil COP 13 UNFCCC 2007 di Bali, dalam paragraf 1 b (iii) disebutkan bahwa REDD adalah pendekatan kebijakan dan insestif positif, pada isu-isu yang berkenaan dengan pengurangan emisi yang berasal dari penurunan kerusakan hutan, dan tutupan hutan di Negara berkembang, peran konservasi, pengelolaan hutan secara peningkatan stok karbon hutan di Negara berkembang. (sus)

Last Updated (Tuesday, 15 November 2011 02:37)

 

Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2012 ya ng jatuh pada hari Selasa tanggal 5 Juni 2012 bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa Tema Peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2012 adalah:

Green Economy: Does it include you?

Diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi:

Ekonomi Hijau: Ubah Perilaku, Tingkatkan Kualitas Lingkungan

Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia menghimbau kepada para Gubernur seluruh Indonesia agar peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2012 dapat diperingati di daerah masing-masing sesuai dengan tema, kondisi dan kemampuan dana yang tersedia.

Demikian kami sampaikan. Atas Perhatian Saudara Gubernur, kami ucapkan terima kasih.

Last Updated (Monday, 30 July 2012 15:36)

 
Statistics
OS : Linux p
PHP : 5.4.45
MySQL : 5.5.5-10.1.14-MariaDB
Time : 00:46
Caching : Disabled
GZIP : Disabled
Members : 20721
Content : 13
Web Links : 6
Content View Hits : 72920
Random Image
No images
SlideShow Pro
  • Photo Title 1
  • Photo Title 2
  • Photo Title 3
  • Photo Title 4
  • Photo Title 5
Jolo Slider V2
PENGUMUMAN PERMOHONAN IZIN LINGKUNGAN UNTUK KEGIATAN PEMBANGUNAN PERUMAHAN PENGUMUMAN PERMOHONAN IZIN LINGKUNGAN PT. BONTIPERMAI JAYARAYA PENGUMUMAN PERMOHONAN IJIN LINGKUNGAN PT. SINAR DINAMIKA KAPUAS PENGUMUMAN PERMOHONAN IJIN LINGKUNGAN PT. SINAR DINAMIKA KAPUAS Pembukaan Lahan dan Hutan Nyumbang Lima Persen Emisi
Pengunjung
113279
TodayToday28
YesterdayYesterday78
This WeekThis Week431
This MonthThis Month1304
All DaysAll Days113279
54.159.57.169
Now Online
-